Selasa, 17 Agustus 2010

IT'S ONLY NAME?


Shakespeare bilang apa artinya sebuah nama? Mawar tetap harum walaupun namanya bukan mawar.

Hmmm, hal itu gak selamanya berlaku ya? :)

Bulan lalu ada PORCADA (Pekan Olah Raga Cacat Daerah) (?) di Bandung. Gw sering denger iklan n lagu temanya di salah satu TV Lokal Bandung. Gw yakin niatnya baik, tapi sayang eksekusi iklan maupun pemilihan kalimat di lagu temanya gak oke...gak bikin orang berubah pandangan mengenai para 'diffable', bahkan menurut gw itu kejahatan seni (krn gw yakin kl orang desain yg bikin gak bakal separah itu hasilnya:P). Iklan layanan masyarakat bisa dibikin keren, koq! Asal biaya pembuatannya jgn dikorupsi, tapi buat bayar pembuat iklan profesional:D Wong iklan dari perusahaan swasta yg menampilkan budaya tradisi aja bisa keren, contohnya G*r*d*. Tapi kalo yg dr pemerintah biasanya gak ok. Padahal di luar negeri, iklan2 layanan masyarakatnya bisa keren dan menginspirasi.


Dalam iklan yg td gw ceritain di awal, ada sebuah kalimat yang bikin ilfil: "PORCADA, PORCADA, cetak atlet CACAT nasional Indonesia". Hwehwehwe...di saat orang2 memilih disebut 'diffable' dan bukan 'disable', istilah 'cacat' ternyata masih umum dipake yah di Indonesia. Krn sering dipake buat ejekan jd konotasinya cenderung negatif. Hmm...apakah ada istilah lain yg konotasinya lbh positif? Hmmm..

Sayang gw gak nemu mp3 ato youtubenya...kalo ada kalian bisa nilai sendiri gmn kualitas iklan n lagu tema tsb:P Yg gw sempet rekam cm foto dari TV neh... Check it out! :)

3 komentar:

belkubel mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Anonim mengatakan...

OMG, kebayang visual iklan dgn dana minim, apalagi utk olah raga, kaum difabel juga...bener, bukannya diangkat dgn membuat yang bagus ya...
rasanya belum ada pengganti kata 'cacat' yang lebih halus dalam bahasa Indonesia deh bel (barusan liat kamus online :P). betul, mungkin krn kebiasaan kita menggunakan kata itu utk sesuatu yg konotasinya negatif. liat aja di pergaulan kita sendiri, suka ada celetukan "ih cacat amat!" ..... tapi tetep sih gw setuju kalo dicetuskan nama yang lebih halus utk kaum difabel.

belkubel mengatakan...

wah terima kasih sudah berkomentar :D
hmmm..kalo gak ada padanan kata yg lbh halus untuk istilah 'cacat' berarti dari kitanya perlu mengurangi celetukan negatif yg pake istilah 'cacat' dong ya? spt penggunaan 'autis'? biar konotasinya jadi gak negatif lagi? :P *wah bahasan serius*